Wednesday, April 21, 2010

Ditemukan Benda Paling Terang Sejagat

Benda asing misterius yang diduga sebagai objek baru ditemukan di ruang angkasa. Benda ini kemungkinan besar adalah objek paling terang dan tahan lama di alam semesta.

Benda yang disebut Mikro-quasar atau quasar kecil itu menambah panjang daftar benda misterius di ruang angkasa. Quasar sendiri merupakan galaksi yang ditemukan di pusat galaksi dan mengandung lubang hitam yang supermasif atau sangat besar.

Seperti dilansir Space.com, Selasa 20 April 2010, objek itu tiba-tiba memompa keluar gelombang radio pada tahun lalu, posisinya tak jauh dari galaksi M82 atau sekitar 10 juta tahun cahaya. Temuan itu sudah disampaikan ke publik hari ini.

"Objek baru itu, yang mulai muncul pada Mei 2009, membuat kita bertanya-tanya. Kita tidak pernah melihat benda seperti ini sebelumnya," kata Tom Muxlow, seorang astronom radio dari Universitas Manchester Jodrell Bank Observatori, Inggris.

M82 adalah 'galaksi starburst'. Bintang-bintang yang ada di galaksi ini akan mengeluarkan ledakan luar biasa sebelum akhirnya hilang. Dan itu berlangsung dengan kecepatan tinggi.

Peristiwa ledakan-ledakan bintang atau supernova itu biasanya terjadi sekitar 20-30 tahun sekali di galaksi M82. Peneliti berharap ledakan-ledakan itu bisa menimbulkan cahaya dari panjang gelombang radio yang dipancarkan peristiwa supernova itu.

Ledakan bintang yang kerap terjadi itu lalu dibandingkan dengan benda misterius yang baru ditemukan. Objek misterius itu bisa memancarkan cahaya dengan sangat cepat dan berlangsung lebih lama beberapa hari.

Benda misterius itu juga tidak menunjukkan tanda-tanda akan meredup. Bahkan setelah mendekati hampir satu tahun. "Malah pancarannya semakin terang," jelas Muxlow.

Timbulnya quasar itu diperkirakan muncul dari materi spiral dengan kecepatan yang sangat tinggi ke lubang hitam. Perputaran dengan kecepatan tinggi itu berada di pusat galaksi.

Sumber : Vivanews.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment