Tuesday, April 6, 2010

Jangan minum air es setelah berolahraga !

Setelah capek berolahraga atau bekerja keras di tengah terik panasnya matahari, biasanya atau enaknya kita segera minum air dingin atau minuman yang diberi es batu ke dalamnya atau yang telah disimpan dalam kulkas.

Saat minum terasa sangatlah menyegarkan, namun melepaskan dahaga setelah berolahraga dengan cara seperti ini adalah tidak tepat karena hal itu justru akanmengganggu metabolisme dalam tubuh.Suhu minuman sebaiknya berkisar antara 5-10 derajat Celciusatau sama dengan suhu air minum normal biasa.

Mengapa tdk boleh?? ini dia alasannya.
Pada suhu tersebut cairan mudah diserap oleh tubuh sehingga keringat bisa cepat digantikan, selain itu jumlah air minum atau minuman yang dikonsumsi juga harus dalam jumlah yang cukup yakni tergantung pada intensitas latihan, waktu latihan, cuaca dan kelembaban atau cara yang termudah adalah minumlah sebelum, selama, dan setelah berolahraga secukupnya sampai kira-kira suhu tubuh agak normal.

Misalnya saat bermain tenis, minumlah pada waktu pergantian set, bila sedang bersenam aerobik usahakan ada jeda sebentar untuk minum, demikian pula bila sedang berolahraga yang lain misalnya bersepeda.

Bukankah biasanya ada tempat khusus untuk menempatkan botol minuman di sepeda?

Bila berolahraga antara 1-2 jam, minumlah hanya air putih. Namun bila waktu kita berolahraga berlangsung lebih dari 2 jam, dianjurkan untuk minum sport drink yang didalamnya mengandung gula dan mineral, seperti kalsium, natrium, magnesium, klorida, dan lain-lain.

Apalagi kalau kita berolahraga di udara panas dan lembab serta berlangsung lama (endurance sport) seperti balap sepeda jarak jauh, lari maraton, triatlon, dan lain-lain, minuman sport drink sangatlah tepat, agar mineral dan gula selalu cukup dalam tubuh sehingga kita tidak cepat lelah.


Namun ada beberapa jenis minuman yang tidak dianjurkan dikonsumsi setelah berolahraga yakni minuman beralkohol atau yang mengandung kafein karena keduanya akan menyebabkan diuresis yaitu akan merangsang pengeluaran urine.

Pada saat tidak berolahraga, kebutuhan tubuh akan air minum berkisar antara 3 – 4 liter, untuk itu minumlah secukupnya sebelum anda merasa haus serta minumlah air yang bersuhu normal yakni tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin apalagi kalau kita sedang atau setelah berolahraga.


Jadi jgn sering2 ya gan minum air dingin nyah....klo pas makan juga..

sumber : http://id.shvoong.com/medicine-and-health/epidemiology-public-health/1979288-jangan-minum-air-es-setelah/

1 comment:

  1. Bravo Uda Arif salam kenal saya tidak suka minum es...apalgi abis olah raga

    ReplyDelete