Monday, January 25, 2010

Cimahi Potensi menjadi Ikon Cyber City

Cimahi berpotensi menjadi ikon creative city dengan adanya Gedung Baros Cyber Creative Center
Gedung Baros Cyber Creative Center (Baros C3) salah satu fasilitas yang akan menjadi ikon Baros Information Technology Creative (BITC). Sebagaimana diketahui, BITC adalah konsep dari Pemerintah Kota Cimahi yang akan menjadikan wilayah Baros sebagai pusat kegiatan baru di Kota Cimahi. Gedung Baros C3 tersebut oleh Pemkot Cimahi rencananya akan dijadikan pusat kegiatan kreatifitas sebagai tempat kegiatan dan pelayanan yang berskala nasional maupun internasional.

Gedung ini antara lain akan difasilitasi ruang pelayanan publik atau ruang display informasi layanan umum dan tempat untuk mengenalkan dunia Informasi Teknologi (IT) kepada masyarakat, perdagangan, serta ruang penelitian dan pengembangan bidang industri telematika.

Gedung Baros C3 Jadi Ikon BITCSelain itu, akan disediakan pula ruang untuk Studio Research and Development bidang informatika dan telekomunikasi, fasilitas untuk tenaga ahli IT dalam melakukan penelitian, ruang komputer untuk mengakses perkembangan teknologi, ruang tempat pelatihan IT, ada juga untuk ruangan display dan simulasi multimedia (auditorium), tempat seminar, diskusi dan rapat serta ruang sarana prasarana film dan animasi.

Di Gedung Baros C3 ini pula nantinya akan dikembangkan menjadi Internet Data Centre (IDC), fasilitas penyimpanan data bagi para Internet Sevices Provider (ISP), tempat pengembangan investasi infrastruktur untuk sentral TV Kabel, fasilitas pengembangan dan produksi software untuk film dan animasi. Demikian pula tempat untuk meningkatkan akses ICT seluas-luasnya kelokasi pemukiman, fasilitas sosial dan umum, tempat pengembangan Rumah Desain dan Packaging House untuk memberikan pelayanan jasa dibidang desain kemasan dan produk kemasan yang ramah lingkungan, serta menghasilkan inovasi teknologi pengolahan dan produksi untuk usaha kecil menengah (UKM) di Kota Cimahi

Yang tak kalah pentingnya di gedung ini adalah adanya fasilitas sosial dan umum berupa cyber cafe, fasilitas IDC dan ruang data hasil penelitian serta server utama dengan jaringan yang lengkap dapat diakses oleh masyarakat umum


3 Bidang Utama yang akan dikembangan oleh Pemerintah Kota Cimahi adalah

1. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Animasi
3. Film

yang tertarik sama 3 bidang tersebut juga bidang industri kreatif lainnya silahkan gabung aja di Cimahi Creative Association (CCA), Asosiasi Pelaku Industri Kreatif Cimahi. yang akan menampung dan mengembangkan potensi-potensi kalian Lho..

No comments:

Post a Comment