Sunday, February 14, 2010

Gara-Gara Mario Bros, Pemuda Didenda USD1,5 Juta

QUEENSLAND - Seorang pria asal Queensland, Australia diharuskan membayar USD1,5 juta setelah diketahui membajak game besutan Nintendo, New Super Mario Bros.

James Burt, pemuda berusia 24 tahun terbukti telah mengunggah kopi game Mario Bros ke internet sebelum Nintendo resmi merilisnya November 2009 lalu. Nintendo yang merasa dirugikan langsung menyeret kasus tersebut ke pengadilan. Burt pun harus mempertanggungjawabkan tindakannya tersebut.

The Age, Selasa (8/2/2010) melansir, Burt juga mendistribusikan game Mario Bros tersebut melalui sistem pemesanan. Calon pembeli dapat melakukan pemesanan melalui jejaring sosial, maupun email. Tindakan Burt tersebut dinilai pengadilan setempat melanggar aturan tentang hak cipta.

Nintendo mengakui bahwa penangkapan Burt dilakukan dengan menggunakan sistem teknologi forensik setelah game tersebut diunggah di internet. "Pembajakan merupakan ancaman tersendiri bagi industri game, dan ini bukanlah masalah Australia saja, tapi masalah bagi dunia. Ada ribuan game yang diunduh secara ilegal di internet," ujar Managing Director Nintendo Australia Rose Lappin.

Nintendo 'mencuri start' untuk meluncurkan game terbaru New Super Mario Bros Wii pada 15 November 2009. Padahal sejumlah pengembang game lain baru akan mengeluarkan game-game terbarunya awal 2010.

Game New Super Mario Bros Wii tak lain merupakan sekuel dari New Super Mario Bros yang dibuat untuk Wii. Dalam versi Wii ini, pemain dapat bermain dengan mode single player dan multiplayer. Kisah Mario dan Luigi itu dapat dimainkan maksimal oleh empat pemain sekaligus dan memiliki fitur zoom in dan zoom out sehingga memudahkan mengikuti aksi dari beberapa karakter sekaligus.

1 comment:

  1. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.
    You obviously know what youre talking about, why throw away your intelligence on
    just posting videos to your weblog when you could be giving us something enlightening to read?


    Here is my webpage; wildpartyvids.com

    ReplyDelete