Thursday, February 18, 2010

jangan bicara ketika makan

Orang tua kita biasanya melarang anak-anaknya berbicara saat makan atau minum. Makan sambil bicara memang dari sisi keindahan memang kurang baik, karena makan yang baik adalah tidak bicara dengan orang lain. Jika kita kumpul-kumpul dengan teman-teman kita sambil makan makanan dan minum minuman, umumnya tanpa disadari kita akan ngobrol sambil melakukan aktivitas makan dan minumnya dengan teman kita.

Hindari bicara saat makan dengan meminta izin makan kepada orang lain yang menjadi lawan bicara, kemudian menghabiskan makanan dan minuman yang menjadi santapan kita hingga selesai. Setelah selesai dan sedikit mengambil nafas barulah kita bisa kembali ngobrol-ngobrol dengan lawan bicara kita.

Keburukan/Efek Negatif/Dampak Buruk Makan Minum Sambil Ngomong/Ngobrol :

1. Bisa keselek makanan yang kita makan atau minuman yang kita minum sehingga kita akan batuk-batuk yang membuat kita malu di depan orang-orang. Sangat bahaya jika potongan makanan yang besar nyangkut di tenggorokan kita karena bisa menyebabkan kematian.

2. Apabila saat mengunya makanan kita tertawa atau bernafas secara mendadak, maka makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum bisa masuk ke rongga hidung kita sehingga kita bisa menderita untuk mengeluarkan benda-benda asing dari dalam hidung atau rongga pernapasan kita.

3. Jika kita terlalu asyik bicara bisa saja ada air liur, atau potongan makanan yang sedang kita santap meluncur ke luar dari dalam mulut kita. Malulah kita jika kejadian itu terlihat oleh teman kita atau bahkan seseorang yang kita sukai.

4. Sangat berbahaya bagi orang-orang yang suka meminum minuman keras karena pengaruh miras dapat membuat kesadaran dan konsentrasi kita hilang sehingga omongan atau obrolan kita menyinggung orang lain sehingga bisa memicu perkelahian serta rasa tidak suka. (Jangan minum minuman keras karena sangat merugikan kita).

5. Keasyikan bersendagurau dengan orang lain bisa membuat kita kehilangan konsentrasi sehingga tanpa sadar tahu-tahu minuman dan makanan yang kita santap sudah habis dimakan tanpa dinikmati. Bisa jadi makanan yang kita telan kurang halus kita kunyah sehingga tidak baik untuk pencernaan kita.

6. Makan sambil ngobrol bisa membuat tambah gemuk atau tambah kurus. Kalau kita euforia ngobrol ngalor-ngidul ke sana ke mari maka nafsu makan kita bisa berkurang atau bahkan hilang sama sekali walaupun sudah waktunya makan. Bisa pula karena terus ngomong kita makan apa saja yang ada tanpa ukuran sehingga tubuh kita terus membesar dan membuat diet menjadi gagal total.

7. Sama halnya dengan berbicara melalui telepon atau handphone sebaiknya kita hindari karena efeknya tidak jauh berbeda dengan ngobrol / bicara langsung sambil makan atau minum.

1 comment:

  1. WAH INFO YANG MENARIK NIH . . . . . . MAU TUKERAN LINK ???

    KOMENT BLOG KU,KOMEN LANSUNG JGN LEWAT SHOUTMIX YAA
    http://fianmuse.blogspot.com/

    ReplyDelete