Monday, February 15, 2010

Nintendo Jadul di eBay Laku Rp120 Juta

CAROLINA - Saat tengah berbenah di gudang miliknya, seorang ibu di Haw River, Carolina utara menemukan barang tua milik anaknya berupa perangkat game Nintendo Entertainment System (NES) yang sudah tidak diproduksi lagi, lengkap dengan lima macam game di dalamnya.

Siapa sangka, Nintendo edisi lama tersebut rupanya menarik minat para penawar di situs lelang eBay.

Sang ibu melelang benda tersebut di eBay dengan username lace_thongs35. Dia sama sekali tidak menyangka kalau harga tawar Nintendo tersebut sangat tinggi. Aksi pelelangan akhirnya berhenti saat ada yang menawar untuk membelinya seharga USD13.000 atau sekira Rp121,2 juta.

Baller Status, Senin (15/2/2010) melansir, Nintendo edisi lama itu sebenarnya bukanlah komoditi andalan Nintendo. Kelebihan Nintendo tersebut yang menarik perhatian para kolektor game adalah kelima game yang ada di dalamnya, yang masuk kategori sangat langka.

Lima game pada perangkat jadul (jaman dulu) itu di antaranya termasuk game berjudul TMNT II: The Arcade Game, Super Mario Bros 3, MLB, Duck Hunt dan Stadium Events.

Judul-judul game tersebut masuk dalam peringkat 20 besar 'Perangkat Game Suci', yaitu daftar yang mengelompokkan semua perangkat game yang ada di seluruh dunia.

Sebagai contoh, game berjudul Stadium Event diproduksi pada tahun 1980an dan hanya dibuat sekira 2.000 kopi. Setelah ditarik dari peredaran, jumlah produksi game tersebut dikurangi hanya menjadi 200 kopi.

Para kolektor game yang turut dalam aksi lelang percaya bahwa saat ini hanya ada 10 kopi lengkap dari game-game langka tersebut. Baller Status melaporkan, harga perangkat game itu sendiri berada pada kisaran USD10.000 atau sekira Rp93,3 juta.

No comments:

Post a Comment