Saturday, February 20, 2010

Jet Tempur Pakistan Tewaskan 30 Militan

Jet-jet tempur Pakistan menyerang sebuah tempat persembunyian kelompok militan yang didukung Al Qaeda di Waziristan Selatan, Sabtu, dan menewaskan 30 orang.

Serangan itu dilakukan di Shawal, satu tempat persembunyian
gerilyawan di gunung dekat perbatasan Afghanistan. "Tempat persembunyian di Shawal jadi sasaran setelah mendapat laporan bahwa para gerilyawan bersembunyi di gunung-gunung itu," kata seorang juru bicara militer.

Pasukan keamanan Pakistan telah melancarkan serangan besar-besaran di Waziristan Selatan sejak Oktober tahun lalu dan militer mengatakan pihaknya telah merebut sebagian besar pangkalan gerilyawan di wilayah itu. Daerah-daerah etnik Pastun di Pakistan, terutama di Waziristan Selatan dan Waziristan Utara, dianggap sebagai pangkalan utama militan, termasuk tokoh-tokoh senior Al Qaeda dan Taliban.

Seorang putra dari pemimpin kelompok Haqqani, satu faksi penting Taliban yang menyerang pasukan Barat dan Afghanistan, tewas akibat serangan rudal pesawat AS di Waziristan Utara, Kamis.

Meski ada gempuran hebat dari tentara Pakistan, militan Taliban, yang ingin menggulingkan pemerintah dan menguasai masyarakat dengan memberlakukan hukum Islam yang keras, terus membalas dengan melakukan serangan bunuh diri dan bom di seluruh negara itu. Aski semacam itu telah menewaskan ribuan orang. Seorang polisi tewas dan tiga lainnya cedera dalam satu serangan bunuh diri di kota Balakot, Pakistan barat laut, Sabtu pagi. Polisi menembak mati seorang lainnya yang diduga sebagai pembom di kota terdekat Mansehra ketika ia berusaha memaksa masuk ke sebuah kantor polisi.

No comments:

Post a Comment