Monday, February 8, 2010

China Buka Kembali Akses 27 Situs Yang Terblokir

BEIJING - Setelah memblokir puluhan situs karena dianggap menjadi alat penggalangan massa, China pun akhirnya membuka kembali akses ke situs-situs tersebut.

27 situs tersebut merupakan situs-situs yang dianggap telah membantu para pendemo untuk mengorganisir massa dalam bentrokan antaretnik. Dua di antara 27 situs tersebut adalah situs komersil Taobao dan Alibaba. Bahkan dua di antaranya merupakan situs forum dan berita online, yakni harian People Daily dan Xinhua.

Dilansir melalui Xinhua, Senin (8/2/2010), pihak pemerintah daerah Xinjiang ingin membangun kembali infrastruktur komunikasi secara progresif, mengingat maraknya penggunaan telepon jarak jauh dan pesan sms dengan ponsel di negara ini.

Sebelumnya, pemerintah China memblokir akses ke puluhan situs yang dianggap sebagai media organisir massa pada bentrikan yang terjadi bulan Juli lalu, antara etnis China Han dan Muslim Uighur.

Bentrokan tersebut telah membuat 200 orang meninggal dan 1.600 lainnya luka-luka. Pemerintah Chia menuduh Uighur sebagai organisator yang melakukan aksi dan rekrutmen di internet dan ponsel.

No comments:

Post a Comment