Thursday, February 11, 2010

Lift Macet Penyebab Burj Dubai Ditutup

DUBAI - Ternyata penutupan Burj Dubai pada Minggu 7 Februari lalu, disebabkan oleh rusaknya sistem lift di gedung tertinggi di dunia tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan laporan terjebaknya wisatawan dalam lift, saat berada di lantai 124. Macetnya lift ini membuat wisatawan ketakutan, mengingat mereka terjebak selama 45 menit pada ketinggian sekira 800 meter.

Sebanyak 15 wisatawan dikabarkan terjebak dalam lift saat itu. Sementara sekira 60 wisatawan yang berada di lantai observatorium mendengar suara ledakan, sesaat sebelum lift tersebut berhenti. Parahnya, saat kejadian berlangsung 60 wisatawan tersebut ditinggalkan begitu saja oleh petugas gedung di ruang observatorium tanpa ada penjelasan.

Seperti dilansir The Sun, Kamis (11/2/2010), seorang petugas keamanan bahkan berseloroh jika tidak ada apapun yang salah saat insiden tersebut berlangsung.

Sementara ke-15 wisatawan baru bisa diselamatkan oleh regu penyelamatan lewat tangga yang dilemparkan ke arah lift. Para wisatawan tersebut terpaksa memanjat melalui tangga, agar bisa menyelamatkan diri.

Akibat insiden ini, Burj Dubai yang kini berubah nama menjadi Burj Khalifa tersebut ditutup. Dalam pernyataan singkat yang dikeluarkan sebelumnya oleh pemilik Burj Khalifa, Emaar Properties, penutupan Burj lebih karena banyaknya arus wisatawan yang masuk yang kemudian mempengaruhi sistem kelistrikan dari gedung.

Sebelumnya gedung tertinggi di dunia ini diresmikan dengan perayaan meriah pada 4 Januari lalu. Peresmian dilengkapi dengan pesta kembang api yang disiarkan melalui televisi.

No comments:

Post a Comment