Tuesday, February 9, 2010

Gila, Polisi Brasil Bunuh 11.000 Orang

SAO PAULO - Polisi di Rio de Janeiro dan Sao Paulo, Brasil, membunuh lebih dari 11.000 orang dalam enam tahun terakhir. Banyak di antaranya dilakukan dengan cara pembunuhan bergaya eksekusi.

Menurut laporan Human Right Watch, hanya sedikit perwira yang pernah didakwa atas pembunuhan di luar hukum, yang dalam laporan polisi sering diberi label sebagai kematian tersangka yang menolak penangkapan.

Laporan setebal 122 halaman itu mengemukakan temuan PBB pada 2008 bahwa polisi di seluruh Brasil bertanggung jawab atas jumlah yang signifikan dalam 48.000 pembunuhan setahun sebelumnya.

"Pembunuhan ekstrayudisial terhadap tersangka kriminal bukanlah jawaban untuk kejahatan dengan kekerasan," kata Jose Miguel Vivanco, Direktur Human Rights Watch Amerika, dikutip dari Telegraph, Rabu (9/12/2009). "Penduduk Rio dan Sao Paulo membutuhkan polisi yang lebih efektif, bukan lebih banyak kekerasan dari polisi."

Isabel Figueiredo, koordinator-jenderal hak asasi manusia dan keselamatan publik Brasil mengakui bahwa kekerasan polisi adalah masalah yang sudah meluas dan ini merupakan keprihatinan besar bagi pemerintah federal.

No comments:

Post a Comment