Monday, February 1, 2010

Gawat! 3.240 Honda City di Indonesia diTarik, Mengapa?

Bagi pemilik Honda City di Indonesia, mobilnya akan di-recall oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Jumlahnya tidak sedikit, 3.240 unit tahun produksi 2007 dan 2008. Pemicunya, ada potensi kerusakan pada sistem jendela otomatis (power window).

Indonesia menjadi negara perdana yang melakukan recall terhadap City, setelah prinsipal di Jepang, Honda Motor Co (HMC), mengumumkan perlakuan serupa terhadap Honda Jazz yang jumlahnya mencapai 646.000 unit. Kedua produk (Jazz dan City) mengalami permasalahan yang sama akibat korsleting pada komponen jendela otomatis (power window).

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy kepada Kompas.com, Senin (1/2/2010), mengatakan, recall City dilakukan hanya untuk model lawas keluaran tahun 2007 dan 2008. HPM menyatakan terus meningkatkan tanggung jawabnya kepada konsumen terkait permasalahan produknya.

"Recall itu bukan kejahatan, recall merupakan hak konsumen untuk mengetahui produknya baik atau tidak. Jadi sekecil apa pun permasalahan itu, kalaupun baru berpotensi membahayakan konsumen, recall merupakan kewajiban dari produsen," ujar Jonfis.

Dijelaskan oleh Jonfis, kerusakan pada power window bermula terjadi di Irlandia Utara pada produk Jazz pada 2007 silam. Seorang pengemudi tak sengaja menumpahkan cairan minuman soda ke jendela dan airnya merembes ke sisi jendela dan mengantong di dekat perangkat power window. Saat berkendara, pada kecepatan tertentu air tersebut bisa naik ke permukaan, menyentuh sistem kelistrikan, dan menimbulkan korsleting.

"Penyebab lain juga bisa terjadi kalau misalnya pengemudi tak menurunkan jendela mobil saat terjadi hujan, sehingga air masuk melalu sisi samping pintu. Ini juga berpotensi terjadinya korsleting. Jadi komponen yang digunakan di Jazz itu juga dipakai di City lama," papar Jonfis.

HPM selama ini memasok seluruh produk sedan, termasuk City melalui impor secara utuh (completely built up/CBU) dari Thailand. Selama 2007 dan 2008, tercatat sebanyak 3.240 unit City yang terjual di Indonesia sehingga jumlah tersebut yang akan ditarik.

ATPM mobil Honda ini kembali menegaskan agar konsumen tak perlu panik menghadapi situasi ini. Aksi recall menjadi cermin tanggung jawab ATPM pada konsumen mobil, khususnya di Indonesia.

"Proses perbaikan akan dilakukan per 1 Maret mendatang karena perlu dilakukan persiapan dulu. Konsumen tinggal bawa mobilnya ke bengkel resmi Honda mobil, akan dilakukan perawatan pencegahan agar tak terjadi korsleting. Kalau sudah ada yang harus diganti, ya pasti diganti secara cuma-cuma tentunya," jelas Jonfis.

3 comments:

  1. Everyone who is into style depends on a great stylist to look good and help with hair issues and problems.
    My hair doesn't always look good when I'm going to attend openings and red carpet events.

    The professional hair merchandise of Loreal are effectively currently being sold all more than the world in about
    one hundred thirty different countries.

    my web site - hair products

    ReplyDelete
  2. With over 30 years of specialisation in seamless flooring, Flawless Flooring has managed
    to satisfy the different and unique requirements of every customer.
    The estimate you receive will be based on the number of skips you need, what size skip
    you want, and how long you plan to keep it. It is advantageous for the customer to compare the prices
    for an additional dumpster rental from the normal waste removal company against an
    offer made by a collector that will place a dumpster for a one-time
    pickup.

    Here is my site - concrete

    ReplyDelete
  3. This is the only way to ensure good products in hand and great value for your hard
    earned money. Some Local News papers/journals/ tabloids/Magazines focus on regional
    happenings and target local audiences/ readers.
    Today, Most of newspapers are offering their online
    editions. That’s why, while drafting ads for newspapers selling or
    buying a property, make your USP as your headline. The
    dishes and ingredients differ slightly from region to region, with each
    region having their own specialties.

    Also visit my web blog; click here

    ReplyDelete