Thursday, March 4, 2010

Berlian Sebesar Telur Ayam Dihargai Rp328 M

Sebuah berlian sebesar telur ayam berhasil memecahkan rekor termahal untuk sebuah berlian yang masih mentah. Berlian 507 karat tersebut, berhasil terjual dengan harga USD35,3 juta atau sekira Rp328,9 miliar (Rp9.320 per dolar).

Batu berharga tersebut diketahui memiliki berat lebih dari 100 gram dan diperkirakan sebagai salah satu dari 20 berlian mentah yang paling berharga. Berlian ini sendiri ditemukan pada September 2009 di tambang Cullinan, Afrika Selatan.

Menurut pihak Petra Diamonds yang memiliki berlian tersebut, sebuah penjual berlian ternama di Hong Kong menjadi pemilik sah dari berlian mentah tersebut saat ini. Chow Tai Fook Jewelry Co Ltd, memboyong berlian 507,5 karat dengan harga Rp328,9 miliar.

"Berlian mentah ini berpotensi untuk menghasilkan salah satu berlian yang paling menakjubkan di dunia," ucap CEO dari Petra Diamonds, Johan Dippenaar seperti dikutip Associated Press, Minggu (28/2/2010).

Penjualan berlian ini tentunya membawa keuntungan bagi pihak Petra Diamonds. Tambang Cullinan milik Petra Diamonds, terletak di Timur kota Pretoria, Afrika Selatan. Tambang ini sebelumnya merupakan milik dari perusahaan berlian terbesar dunia, De Beers, yang dijual kepada Petra Diamonds pada 2007 lalu.

Tambang Cullinan ini sendiri merupakan tempat ditemukannya beberapa berlian terbesar di dunia. Di antara berlian terbesar yang pernah ditemukan adalah Berlian Cullinan, yang memiliki berat 3.106 karat.

Berlian ini kemudian menjadi berlian Great Star of Africa seberat 530 karat dan Lesser Star of Africa seberat 317 karat yang kini menjadi hiasan mahkota kerajaan Inggris.

dikupas dari : okezone.com

No comments:

Post a Comment