Friday, March 5, 2010

Urusan Beres-beres Rumah, Serahkan ke Robot PRT

Mencari pembantu rumah tangga (PRT) yang dapat diandalkan memang gampang-gampang susah. Para ahli di Korea Selatan mencoba memberikan solusi dengan menghadirkan robot yang tangkas melakukan berbagai urusan rumah tangga. Apa saja kemampuannya?

Robot bernama Mahru-Z ini memiliki sejumlah kemampuan yang patut diacungi jempol. Berbagai pekerjaan rumah tangga seperti bersih-bersih rumah, mencuci baju, memanaskan makanan, mengambilkan secangkir kopi, dan sebagainya sanggup dilakukannya.

Dikutip detikINET dari AFP, Selasa (19/1/2010), Mahru-Z memiliki tubuh seperti manusia, dilengkapi dengan kepala yang bisa berputar, lengan, kaki dan enam jari plus penglihatan tiga dimensi untuk mengidentifikasi tugas-tugas yang perlu ditangani.

"Yang paling menonjol dari Mahru-Z adalah kemampuan visualnya untuk mengenali objek, memahami tugas-tugas yang harus dilakukan, kemudian menyelesaikan tugas-tugas tersebut," ujar You Bum-Jae, kepala robot centre di Korea Institute of Science and Technology.

"Robot ini mampu mengenali orang, mampu menyalakan microwave, mencuci baju, mengambilkan sandwich, cangkir dan berbagai objek lainnya," tambah You.

Dibutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk membuat robot yang memiliki tinggi 1,3 meter dan berat 55 kilogram ini. Namun, sayang belum bisa dipastikan kapan Mahru-Z akan diproduksi massal untuk dijual ke pasaran.

dikupas dari :detikinet.com

No comments:

Post a Comment