Thursday, March 4, 2010

Ditemukan, Kepala Kakek Firaun

Sebuah granit merah kepala Amenhotep III, kakek Tutankhamun berusia 3000 tahun ditemukan di Luxor, Menteri Kebudayaan Mesir Farouk Hosni mengatakan.

Patung yang dipoles dan menunjukkan "wajah muda," setinggi 2,5 meter itu milik patung Amenhotep III dalam posisi berdiri mengenakan mahkota putih Mesir dan memegang lambang kerajaan.

Para ilmuwan melakukan tes DNA dan CT scan pada sejumlah mummi telah mengidentifikasi Amenhotep III sebagai kakek Tutakhamun, raja remaja yang lahir dari perkawinan sedarah antara Akhenaten dan saudara perempuannya, yang sama-sama keturunan Amenhotep III.

Hourig Sourouzian, yang memimpin misi konservasi, mengatakan kepala Amenhotep adalah salah satu dari 84 artefak yang digali di kuil pemakamannya di tepi barat Sungai Nil di Luxor.

"Kami telah mengumpulkan sejumlah besar potongan-potongan patung granit merah yang pernah berdiri di bagian selatan dari pengadilan besar di kuil penguburan Amenhotep III," kata Sourouzian sambil menambahkan bagian patung sedang diperbaiki.

dikupas dari : inilah.com

No comments:

Post a Comment