Saturday, March 6, 2010

Dituding Jiplak Sutradara "Avatar" Digugat Penulis China

Seorang penulis asal Cina keukeuh menggugat sutradara James Cameron lantaran dianggap telah menjiplak cerita Avatar dari novel karyanya.

Zhou Shaomou, lelaki itu, mengklaim alur cerita dari film Avatar nyaris mirip dengan cerita dari buku fiksi ilmiah yang ditulisnya, Tale of the Blue Crows, yang dipublikasikan secara online pada 1997.

”Sebesar 80 persen dari plot dan inti cerita Avatar mirip betul dengan novel saya,” ujarnya kepada China Daily.

Lantaran merasa dirugikan, Zhou pun menuntut ganti rugi hingga 155 juta dollar AS.

Belum lama ini, Zhou sempat mengajukan gugatan serupa di pengadilan China. Namun, ambisi menggugat James Cameron atas tindakan pelanggaran hak cipta selalu kandas. Sudah dua kali Zhou melayangkan gugatan tersebut.

Namun, bukan Zhou namanya kalau gampang menyerah. Ia mengatakan, langkah hukum yang dilakukannya demi memperjuangkan hak-haknya. ”Saya menyadari bahwa tidak ada seorang pun yang tahu saya di China, tapi saya bersikeras untuk memperjuangkan hak atas karya cipta saya. Lebih dari 10 juta orang telah membaca buku saya melalui internet. Banyak yang bertanya mengapa seseorang yang terkenal seperti Cameron menyalin secara jelas hasil karya penulis yang kurang terkenal,” ujarnya.

dikupas dari :kompas.com

1 comment: