Thursday, March 4, 2010

Kekurangan Guru, Korsel Andalkan Robot

Minimnya jumlah guru bahasa Inggris yang mumpuni di Korea Selatan, mendorong pemerintah Negeri Gingseng untuk mengembangkan robot yang bisa mengajar bahasa Inggris.

Kehadiran robot guru bahasa Inggris ini bukan hal yang mengherankan sebab selama ini Korsel sering menelurkan robot-robot canggih.

Sejumlah siswa playgroup dan TK telah 'berkenalan' dengan robot guru bahasa Inggris tersebut. Suasana belajar bahasa Inggris pun menjadi seru dengan kehadiran robot guru yang memiliki wujud lucu, mirip tokoh kartun.

Dikutip detikINET dari io9, Kamis (25/2/2010), setelah masa percobaan selama beberapa bulan, pemerintah Korsel akan menggelontorkan dana sekitar US$45 juta untuk menghadirkan robot guru itu di 500 playgroup pada tahun 2011 dan 8.000 playgroup dan TK pada tahun 2013.

Seperti layaknya guru bahasa Inggris, selain mengajarkan kata-kata dalam bahasa Inggris, robot ini juga bisa membacakan cerita dalam dalam bahasa Inggris untuk para siswa.

Namun belum bisa dipastikan apakah kehadiran robot guru bahasa Inggris ini akan mampu menggantikan posisi guru yang sebenarnya.

dikupas dari : detikinet.com

1 comment:

  1. Suatu inovasi dan terobosan yang sangat menarik dan realistis dari Pemerintah Korea Selatan. Model robot yang lucu, unik dan atraktif ternyata sangat menarik para siswa playgrup dan TK untuk belajar bahasa Inggris dengan enjoy. Namun namanya robot tetap sebuah mesin pintar yang tidak mempunyai hati atau perasaan, jadi tidak dapat menggantikan sepenuhnya peran seorang guru.

    ReplyDelete