Monday, March 1, 2010

Gempa 5,4 SR Guncang Mamuju Sulbar

Gempa berkekuatan 5,4 pada Skala Richter (SR) mengguncang Kota Mamuju, ibukota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (1/3/2010) petang, namun dikabarkan tidak menimbulkan korban jiwa dan harta-benda milik warga.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Majene, Edy Sofyan, Senin, mengatakan, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 18.52 WIB.

Episentrum gempa yang dirasakan getarannya di dua kabupaten yang ada di Provinsi Sulbar, di Kabupaten Majene dan Mamuju itu berada di sekitar 3,47 lintang selatan dan 118,52 bujur timur, atau sekitar 50 kilometer di perairan Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Pusat gempa berada pada kedalaman sekitar 13 kilometer di bawah laut perairan Majene. Gempa ini merupakan gempa pergeseran lempengan tanah atau sering disebut spreading.

Sementara itu, warga di Kota Mamuju sempat panik dengan guncangan gempa tersebut, karena mereka mengira akan terjadi tsunami.

"Warga berlarian ke rumah mereka khawatir terjadi tsunami karena guncangannya cukup keras dirasakan warga," kata Tuti, salah seorang warga.

sumber : www.kompas.com

No comments:

Post a Comment