Tuesday, March 2, 2010

Gempa di Chili Memperpendek Usia BUMI

(CNN) - Gempa bumi besar-besaran yang melanda chili minggu lalu mungkin telah bergeser poros bumi dan menciptakan lebih pendek hari, para ilmuwan di NASA mengatakan.

Perubahan diabaikan, namun tetap: Setiap hari harus 1,26 mikrodetik lebih pendek, menurut perhitungan awal. Sebuah mikrodetik adalah satu-milyar per detik.

Sebuah gempa besar pergeseran sejumlah besar batu dan mengubah distribusi massa di planet ini.

Ketika itu perubahan distribusi, perubahan itu tingkat di mana planet berputar. Dan tingkat rotasi menentukan panjang sehari.

"Setiap duniawi peristiwa yang melibatkan pergerakan massa mempengaruhi rotasi bumi," Benjamin Fong Chao, NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, mengatakan saat menjelaskan fenomena pada tahun 2005.

Para ilmuwan menggunakan analogi dari sebuah skater. Ketika ia menarik dalam pelukannya, ia berputar lebih cepat.

Itu karena menarik dalam pelukannya perubahan distribusi massa skater dan oleh karena itu kecepatan rotasi-nya.

Richard Gross, seorang ahli geofisika di NASA's Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, menggunakan model komputer untuk menentukan bagaimana gempa berkekuatan 8,8 yang melanda pada tanggal 27 Februari chili mungkin telah mempengaruhi bumi.

Lihat adegan kehancuran akibat gempa

Dia bertekad bahwa seharusnya gempa bumi memindahkan sosok sumbu sekitar 3 inci (8 cm). Angka sumbu adalah salah satu di mana massa Bumi seimbang. Bahwa pergeseran dalam sumbu adalah apa yang mungkin dipersingkat hari.

Perubahan seperti itu tidak pernah terdengar.

Para gempa bumi berkekuatan 9,1 pada 2004 yang dihasilkan seorang pembunuh tsunami di Samudra Hindia memendekkan panjang hari oleh 6,8 mikrodetik.

Di sisi lain, panjang hari juga dapat meningkat. Sebagai contoh, jika waduk Tiga Ngarai di China sudah penuh, akan menyelenggarakan 10 triliun galon (40 kubik kilometer) air. Pergeseran massa akan memperpanjang hari oleh 0,06 mikrodetik, kata para ilmuwan.

sumber : www.kaskus.us

No comments:

Post a Comment